Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot

Palebog.com – Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot yang ingin upgrade sistem dan yang mengalami Xiaomi bootloop, softbrick dan hardbrick diatasi dengan Tutorial lengkap Flash Xiaomi Berhasil.

Flash Xiaomi merupakan cara yang dilakukan bagi pengguna Xiaomi yang sedang mengalami keinginan dan mempunyai permasalahan. Biasanya pengguna Xiaomi yang ingin melakukan flash Xiaomi dikarenakan,

  1. Flash Xiaomi dilakukan jika pengguna ingin melakukan upgrade versi sistem terbaru atau downgrade versi sistem sebelumnya dari Xiaomi.
  2. Flash Xiaomi dilakukan jika pengguna sedang mengalami permasalah pada Aplikasi sistem. Contohnya : “sayangnya aplikasi telah berhenti”
  3. Flash Xiaomi dilakukan jika pengguna merasa Xiaominya mengalami lemot lelet dan ingin menormalkan kembali.
  4. Flash Xiaomi dilakukan jika Xiaomi mengalami tiba-tiba restart sendiri, sering panas, kapasitas pengisian baterai tidak teratur atau sering habis.
  5. Flash Xiaomi dilakukan jika pengguna mengalami bootloop, softbrick dan hardbrick.

Jika Anda pengguna Xiaomi yang mengalami empat permasalahan di atas dan ingin mengatasinya. Anda dapat mengikuti Tutorial secara Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot.

Tutorial flash Xiaomi ini menggunakan tiga cara yang di anjurkan oleh pihak Xiaomi. Cara yang pertama menggunakan System Update, Recovery Update dan Fastboot Update. Tiga cara flash Xiaomi ini menggunakan teknik flash yang berbeda-beda.

Meskipun teknik flash ketiga cara ini berbeda-beda namun Rom/firmware yang nantinya dibuat bahan untuk melakukan Flash Xiaomi tetap sama. dan dianjurkan menggunakan Rom Global Stable Rom/firmware resmi Xiaomi. Nantinya ketiga cara ini akan Admin jelaskan secara detail kepada Anda.

Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot ini dapat dilakukan pada semua tipe Xiaomi. baik, Xiaomi Mi 1/1S, Xiaomi Mi 2/2S, Xiaomi Mi2/2S ,Xiaomi Mi 2A, Xiaomi Mi 3 CDMA/WCDMA, Xiaomi Mi 4 CDMA/WCDMA/LTE, Xiaomi Mi 4S, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Mi 4c, Xiaomi Mi 5X, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 5s, Xiaomi Mi 5s Plus, Xiaomi Mi 6, Xiaomi Mi Note,

Xiaomi Mi Note Pro, Xiaomi Mi MIX, Xiaomi Mi MIX 2, Xiaomi Mi Note 3, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi Max 32GB, Xiaomi Mi Max Prime 64G/128G, Xiaomi Mi Max 2, Xiaomi Mi Pad, Xiaomi Mi Pad 2, Xiaomi Mi Pad 3, Redmi 1S, Redmi Note 4G, Redmi Note Prime (4G Dual-SIM), Redmi Note Prime, Redmi Note, Redmi Note 3, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 3 Special Edition,

Redmi Note 4 Latest, Redmi Note 4 MTK, Redmi Note 4 Qualcomm, Redmi Y1 Lite Prime, Redmi 5 Plus, Redmi 5, Redmi 5A, Redmi Note 5A, Redmi Note 5A, Redmi Note 4X, Redmi Note 4X ( (3GB+32GB), Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi 2 Prime, Redmi 3/Prime, Redmi 3/Prime, Redmi 3S/Prime/3X, Redmi 3S/Prime/3X, Redmi 3S/Prime, Redmi Pro, Redmi 4, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 4A.

Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot

Mungkin sekarang Anda sudah mempunyai gambaran mengapa Xiaomi Anda ingin melakukan flashing. Jika Anda mengami permasalahan yang Admin sebutkan di atas atau mempunyai keinginan melakukan upgrade/downgrade pada Xiaomi Anda.

Anda dapat mengikuti Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot. Tiga cara ini menggunakan perlakuan yang berbeda-beda setiap cara updatenya Anda dapat mengikuti sesuai dengan permasalahan yang Xiaomi Anda alami.

Di bawah ini Admin akan jelaskan secara detail kepada Anda. Tiga cara yang dilakukan jika Anda ingin melakukan flashing pada Xiaomi Anda.

1.System Update

Flash Xiaomi dengan menggunakan System Update merupakan cara pertama yang dilakukan bagi pengguna Xiaomi yang ingin melakukan upgrade versi MIUI yang terbaru. atau bisa juga menormalkan kembali jika Xiaomi Anda mengalami bug yang dikarenakan oleh kesalahan pada Aplikasi.
Cara Flash Xiaomi via System Update :

  • Download terlebih dahulu Rom/firmware Xiaomi versi terbaru dan simpan pada internal memory Xiaomi di luar folder agar mudah ditemukan. Anda dapat mendownload di http://en.miui.com/a-234.html atau di Rom Xiaomi
  • Buka Aplikasi updater/pembaruan pada Xiaomi Anda, setelah itu pilih titik tiga pojok kanan atas lalu pilih “Choose update package”

    Cara Pertama System Update
    Cara Pertama System Update
  • Kemudian cari Rom/firmware Xiaomi yang Anda download dan copykan pada Xiaomi Anda.
  • Tungu sampai proses upgrade selesai. dan Xiaomi Anda sekarang berada pada versi MIUI terbaru.

#Catatan
1. Baterai Xiaomi Anda harus lebih dari 70% agar waktu flashing tidak mati ditengah jalan.
2. Cara flash Xiaomi menggunakan System Update melalui pembaruan/updater Xiaomi tidak mengapus Aplikasi yang Anda install dan data pribadi yang ada pada Xiaomi Anda tidak hilang. 

2.Recovery Update

Cara yang kedua ini flash melalui Recovery Update, perlakuan cara ini hampir sama dengan cara yang pertama. Namun kalau Anda melakukan flash menggunakan Recovery Update harus melalui recovery Xiaomi yang nantinya Rom/firmwarenya diubah nama “update.zip”
Cara Flash Xiaomi via Recovery Update :

  • Download Rom/firmware terlebih dahulu kemudian rubah namanya menjadi :update.zip” copy kan pada internal Xiaomi Anda letakan diluar folder agar mudah ditemukan. Anda dapat mendownload di http://en.miui.com/a-234.html atau di Rom Xiaomi
  • Lalu masuk ke recovery Xiaomi dengan dua cara yang Admin berikan
    #Buka Aplikasi updater/pembaruan Xiaomi Anda pilih tiga titik pojok kanan atas kemudian pilih “Reboot to Recovery Mode” nanti akan secara otomatis masuk ke mode recovery
    #Matikan Xiaomi Anda. Tekan tombol power dan volume atas secara bersamaan nanti akan masuk ke Mode Recovery secara otomatis.

    Cara Kedua Recovery Update
    Cara Kedua Recovery Update
  • Anda dapat mengarahkan menu yang diinginkan dengan tombol volume atas dan bawah dan tombol power untuk enternya.
  • Pilih “install update.zip to system” lalu konfirmasi “yes” dan tunggu sampai proses flash Xiaomi selesai.

#Catatan
1. Baterai Xiaomi Anda harus lebih dari 70% agar waktu flashing tidak mati ditengah jalan.
2. jika Anda sudah menggunakan atau memasang TWRP atau recovery cusrom pada Xiaomi Anda. Anda dapat juga melakukan flash Xiaomi dan caranya hampir sama dengan yang di atas. 

3.Fastboot Update

Cara flash Xiaomi yang ketiga ini adalah Fastboot Update. Cara ini ditujukan untuk Anda yang mengalami bootloop atau kegagalan Aplikasi yang bekerja yang menyebabkan muncul “Aplikasi sayangnya berhenti”. dan Bisa juga dilakukan jika Xiaomi Anda tiba-tiba sering melakukan restart sendiri dll. Dapat melakukan flash via Fastboot Update.
Cara Flash Xiaomi via Fastboot Update :

  • Download Rom/firmware Xiaomi sesuai tipe Anda dan extract. dan Download Miflash Setup.exe. Anda dapat mendownload di http://en.miui.com/a-234.html atau di Rom Xiaomi

    File extract Rom Xiaomi
    File extract Rom Xiaomi
  • Pastikan Xiaomi Anda sudah unlock ubl terlebih dahulu agar dapat masuk ke mode download ubl ada dua cara untuk mengecek Xiaomi sudah unlock atau belum :
    #Untuk memastikannya Anda dapat mengecek di pada “Status Mi” di opsi pengembangan di pengaturan kalau gembog sudah terbuka berarti sudah unlock ubl. Bagi Anda yang ingin melakukan unloclk dapat melihat artikel Cara Sukses Unlock Bootloader UBL Hanya 5 Menit Xiaomi 
    #Cara kedua dengan mematikan Xiaomi Anda dan tekan tombol power dan volume atas kemudian pilih “Mode Download” kalau Xiaomi Anda dalam keadaan mati dan dihubungakn ke PC/Laptop Anda terdeteksi maka Xiaomi sudah unlock ubl. Cara yang kedua ini dilakukan bagi Xiaomi Anda yang mengalami bootloop.
  • Flash Xiaomi via  fastboot terdapat dua cara ini tergantung pada tipe Xiaomi Anda. Ada yang perlu menggunakan mode download untuk melakukan flash atau cukup menggunakan mode fastboot Masuk ke mode fastboot.
  • Masuk ke mode fastboot dengan cara matikan Xiaomi Anda dan tekan tombol power dan  volume bawah sampai muncul robot Android hijau sesuai dengan pict di bawah ini.

    Mode fastboot
    Mode fastboot
  • Buka MiFlash Setup Anda pilih select dan cari Rom yang Anda download tadi.
  • Sambungkan Xiaomi dengan PC/Laptop Anda dan lakukan reflesh

    Tutorial Flash Xiaomi
    Tutorial Flash Xiaomi
  • Tekan Flash dan tunggu sampai proses flashing selesai dengan ditandai sukses bewarna hijau.

    Sukses Flash Xiaomi via fastboot
    Sukses Flash Xiaomi via fastboot
  • Selesai

#Catatan
Bagi Anda yang ditidak terhubung dengan PC/Laptop saat flashing atau tidak terdeteksi pada MIFlash. Berarti Xiaomi Anda harus menggunakan “Mode Downlaod” terlebih dahulu dan nantinya cara prosesnya sama dengan yang di atas.

Kesimpulan Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot

Flashing untuk Xiaomi memiliki tiga cara yang dilakukan. Anda dapat memilih cara-cara di atas yang sesuai dengan kebutuhan Xiaomi Anda. Intinya dalam Rom Xiaomi tetap sama meskipun ada beberapa metode flashing yang berbeda.

Anda dapat memilih System Update, Recovery Update dan Fastboot Update untuk metode flashing Xiaomi Anda. Bagi yang ingin melakukan upgrade versi terbaru atau downgrade dapat memilih ketiga cara di atas.

Untuk Xiaomi yang mengalami bootloop atau kegagalan jalannya Aplikasi sistem sebaiknya dilakukan flash menggunakan metode fastboot. Agar dapat menormalkan kembali Xiaomi yang mengami masalah.

Demikian postingan mengenai Tutorial Lengkap Flash Xiaomi System Update, Recovery, Fastboot

Share Artikel ini pada Sosial Media yang Anda miliki Jika bermanfaat dan Tinggalkan Komentar Anda jika Ada pertanyaan dan Saran pada Kolom Komentar di bawah ini.

Sumber/Refrensi : http://en.miui.com/a-232.html

Tinggalkan Komentar Anda di bawah ini